Minggu, November 26, 2017

Menciptakan Kostumer atau Pelanggan Berawal Dari Antusias Dan Keyakinan Pada Produk

Apakah Anda suka mencoba software-software baru baik itu di komputer atau di gawai genggam? Saya sangat suka. Saya sering kehilangan waktu yang banyak gara-gara hal ini.

Satu kategori atau fungsi softwarenya bisa berasal dari lebih dari 10 developer. Contoh : aplikasi untuk membuka file PDF, ada Adobe Reader, Foxit PDF Reader, SumatraPDF, dst. Kadang-kadang saya heran, kenapa ada saja yang software baru dengan fungsi yang sama, bahkan sering kemampuannya tidak sebagus dari yang sudah ada.

Lalu apa hubungannya dengan judul di atas yang berkaitan dengan pelanggan?

Setiap aplikasi ternyata memiliki pelanggannya masing-masing. Mulai dari pengguna biasa yang tidak mengerti ilmu pemrograman sampai programmer.



Mereka antusias. Dan punya keyakinan dan visi bahwa aplikasi mereka dapat berkembang dan digunakan oleh banyak orang.

Hal sama terjadi dipelbagai bidang lain.

Contoh saja, blog tentang blogging, meskipun sudah ada Sugeng.id, Panduanim.com, tetap saja akan bermunculan blog-blog baru yang akan membahas tentang topik itu, dan setiap blog memiliki pelanggannya masing-masing.

Apa yang dapat kita pelajari?

Yakin saja terhadap jasa atau produk yang kita tawarkan baik itu sifatnya gratis atau berbayar. Siapa pelanggan kita dan bagaimana mereka datang menyambut tawaran-tawaran kita, tergantung pada bagaimana kita mampu menyentuh sisi emosi yang mereka butuhkan. Hal ini karena manusia sangat suka membuat komunitas, kelompok, geng, grup, atau organisasi yang memiliki tujuan, rasa sakit, senasib, dan usaha yang sama.

demikian
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Tentu feedback Anda sangat membangun kemajuan blog ini. Terima kasih banyak atas feedback Anda. Kebahagian senantiasa menyertai Anda. Amin.